Senin, 21 Februari 2011

CARA BUDIDAYA TANAMAN BUAH NAGA

Buah-buahan saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, baik di kota maupun di desa udah sadar akan manfaat mengkonsumsi buah-buahan. Namun ternyata tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh masyarakat dengan mudah, salah satu kendalanya adalah harganya yang masih tergolong mahal. Salah satu buah yang saat ini masih tergolong mahal adalah buah Naga. Mahalnya buah Naga disebabkan oleh permintaan pasar jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan untuk memproduksinya. Hal tersebut membuat harga secara otomatis melonjak.

Bagi pebisnis, melonjaknya suatu komoditas berarti adanya peluang bisnis. Begitu pula dengan tanaman buah Naga. Saat ini petani buah Naga masih sangat terbatas, padahal untuk membudidayakan tanaman buah naga tidak terlalu sulit. Bagi yang berminat untuk berbisnis dengan membudidayakan tanaman buah Naga, berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan untuk membudidayakan buah Naga agar hasil yang di capai dapat maksimal:

1. Buah Naga terdiri dari tiga macam yaitu buah dengan warna putih, merah dan kuning. Buah Naga dengan warna putih harganya lebih murah karena stok dipasaran paling banyak dan buah Naga dengan warna kuning harganya paling mahal karena stok sedikit. Sedikit banyaknya stok buah Naga dipasaran dikarenakan oleh tingkat kesulitan untuk menghasilkan buah Naga tersebut. Tanaman buah Naga dengan warna putih mudah dilakukan perawatan dan mudah menghasilkan buah. Namun sebaliknya dengan buah Naga warna merah dan kuning, cukup sulit pada proses perawatannya. Namun jika perawatan dilakukan dengan baik maka tanaman buah Naga merah lebih besar menghasilkan buahnya dibandingkan dengan warna kuning karena lebih tahan terhadap penyakit. Dari pertimbangan tersebut, sebaiknya Tanaman buah Naga yang dibudidayakan adalah buah Naga dengan warna merah karena nilai ekonomisnya paling tinggi.

2. Bibit tanaman buah Naga bisa didapatkan melalui internet, atau pembelian langsung ke petani. Namun yang harus diperhatikan yaitu:
2.1 Bibit tanaman buah Naga merupakan potongan dari batang tanaman buah Naga yang sudah pernah berbuah dengan panjang minimal 75 cm atau jika menginginkan bibit tersebut cepat berbuah maka panjang bibit tanaman buah Naga setidaknya sepanjang 1.5 meter.
2.2 Jika pembelian melalui internet maka pastikan pengiriman bibit dalam bungkusan yang kedap udara. Karena jika udara dalam bungkusan bibit tersebut tidak mengalir maka udara akan berubah menjadi panas dan bibit Tanaman buah Naga akan sakit sehingga pada saat ditanam akan mati.

3. Pembibitan tanaman buah Naga juga dapat dilakukan sendiri dari tanaman buah Naga yang telah dewasa. Namun agar hasilnya maksimal maka perhatikan hal berikut:
3.1 Potongan batang tanaman buah Naga dibiarkan hingga permukaan yang terluka menjadi kering. Cara ini dilakukan agar batang Tanaman tidak mudah busuk.
3.2 Jika dipastikan bekas luka potongan telah mengering maka tanaman batang tersebut ke media pasir yang telah dicampur dengan pupuk kompos. Pastikan media tanam yang digunakan tidak dalam kondisi basah karena jika kondisinya masah, bakteri dan jamur akan mudah tumbuh pada media tersebut dan menular ke bibit tanaman.
3.3 Lakukan penempatan bibit tanaman buah Naga dengan jarak berdekatan kurang lebih 3 cm dan pada bagian sisi luarnya dibuatkan pagar yang berfungsi untuk menyangga bibit tanaman agar tidak roboh.

4. Pada saat bibit tanaman telah menghasilkan bunga maka pertanda bibit tersebut telah layak dipindahkan. Namun pemindahan dapat dilakukan pada saat buah Naga telah masak agar kondisi tanaman tidak sakit ketika ditanam dilahan sebenarnya.

5. Buah Naga dapat dilakukan panen kurang lebih 6 bulan sejak bunga muncul. Pemotongan buah dilakukan dengan gunting khusus pemotong buah agar kondisi buah tidak rusak.

6. Untuk menjaga tanaman tidak terserang penyakit maka sebulan sekali tanaman disemprotkan insektisida dan fungisida. Karena jika tanaman terserang penyakit maka tanaman secara mendadak akan membusuk dan mati.

7. Tanaman buah Naga termasuk jenis tanaman yang multi fungsi karena semua komponen dapat dimanfaatkan. Komponen tersebut yaitu kulit buah yang dapat digunakan untuk krupuk dan batang tanaman dapat dibuat menjadi kue yang enak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar